Menyusun Perencanaan Hidup Sangat Penting

rencana hidup
Setiap orang pasti membutuhkan rencana untuk menjalani kehidupan di dunia ini, khususnya bagi para mahasiswa baru yang akan berlatih hdup secara mandiri dan hidup sendiri, karena saya yakin kebanyakan dari mereka adalah tinggal di kost. Mahasiswa baru yang memulai hidup secara mandiri dan jauh dari pengawasan orang tua akan lebih rentan terpengaruh dengan hal-hal negative dari dunia luar yang baru saja mereka kenali. Oleh karena itu sangat perlu untuk mereka membuat suatu perencanaan hidup kedepan, agar mereka nantinya mempunyai suatu lintasan hidup sehingga nantinya meeka tidak akan dengan mudah terpengaru oleh dunia luar yang negative.
Dalam menyusun perencanaan hidup ada tiga macam yaitu, perencanaan jangka pendek, perencanaan jangka menengah, dan perencanaan jangka panjang.

Perencanaan jangka pendek
Adalah perencanaan yang kita susun berdasarkan apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu dekat dalam satu minggu ini atau dalam beberapa bulan kedepan.

Perencanaan jangka menengah
Adalah perencanaan yang kita susun berdasarkan apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan, yaitu antara 1-3 tahun kedepan.

Perencanaan jangka panjang
Adalah perencanaan yang ingin kita susun berdasarkan apa yang ingin kita capai di masa depan, yaitu rencana setelah lulus kuliah.

Dalam menyusun sebuah rencana hidup kita, lebih baik adalah tidak menggunakan kata “saya ingin …” karena menurut beberapa ahli yang menerapkan Goal Setting (tujuan hidup), salah satu kunci kesuksesan setiap orang adalah keinginan yang kuat dan jelas. Contohnya adalah “Tahun 2016 saya lulus kuliah dan langsung berkerja di sebuah perusahaan swasta…” kata yang demikian adalah sebuah tujuan yang secara otomatis akan mendorong pikiran kamu untuk mencari cara supaya bisa mencapai tujuan tersebut.
SHARE

Rizky Abdillah

Hai, Aku adalah seorang Mahasiswa. Saat ini aku sedang menempuh S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang. Aku suka membagikan hal-hal yang menurutku menarik kepada teman-teman melalui blog ini. Semoga artikel/informasi yang kutulis dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman :D terimakasih sudah berkunjung.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment